Thursday, March 17, 2016

Kesalahan-Kesalahan Umum Dalam Bisnis Online

Dengan pertumbuhan pengguna internet yang terus mengalami peningkatan dari hari ke hari menjadikan bisnis online sesuatu yang sangat menjanjikan. Sehingga banyak pelaku bisnis online baru bermunculan tiap harinya. Terlebih setelah banyak bermunculan marketplace-marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, BukaLapak, OLX, dan masih banyak yang lainnya.



Mungkin sobat adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mencari peruntungan dalam bisnis online. Namun tahukah sobat beberapa kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online pemula (atau bahkan para pemain lama sekalipun).

Ada baiknya sobat mempelajari kesalahan umum yang biasa dilakukan para pelaku bisnis online versi lamasia.xyz, sebelum sobat terjun lebih dalam di bisnis ini.

Langsung aja, cekidot!


1. Menjadikan BBM sebagai sarana promosi

"Loh emang salah ya promosi di BBM?"

Gak salah kok.

Tapi ada baiknya sobat jawab pertanyaan saya dulu:


  • Teman kontak sobat kira-kira nyimpen kontak sobat buat komunikasi dengan sobat atau buat lihat promosi-promosi sobat?
  • Ada yang suka dengan iklan gak?

Semestinya BBM hanya dijadikan sarana buat komunikasi dengan teman, keluarga, pacar, konsumen, dan calon konsumen sobat. Bukan buat ngirim broadcast promosi ke semua kontak sobat. Percaya deh gak ada yang suka dengan model promosi kaya gini, apalagi kalau ngirim broadcastnya udah kaya minum obat aja 3X sehari. Apa gak ngeselin tuh?

So mulai sekarang stop kirim broadcast! Kalau pun mau nawarin produk, sapa secara personal aja jangan broadcast.

Solusi:

Cukup pasang DP dan status yang mewakili produk sobat.

2. Cuman ngandelin media sosial

Pernah gak sobat menemukan teman Fesbuk sobat yang udah lama temenan di Fesbuk tiba-tiba berubah bentuk jadi semacam toko online. Kerjaannya tiap hari cuman posting produk-produknya yang terkadang menuhin beranda sobat dengan promosi-promosinya.

Gak ngeselin tuh?

Biasanya yang kaya gitu yang jualan produk gak jelas seperti obat pelangsing, peninggi badan, kosmetik dan MLM. Disebut produk gak jelas karena gak jelas ijinnya, dan main comot gambar orang saja untuk media promosinya, bahkan tidak jarang pakai nyomot artis terkenal bahkan Presiden RI sekalipun. Apa gak parah tuh?

Bahkan oleh Google dan Facebook produk semacam itu sudah dianggap spam.

Solusi:

Kalau mau jualan di Fesbuk buat aja Halaman Penggemar yang mewakili produk sobat, jangan pakai profil pribadi (apalagi profil pribadi yang berevolusi jadi kolor ijo). Karena sumpah itu gak profesional banget!

3. Cuman ngandelin marketplace

Jualan di OLX, Tokopedia atau BukaLapak bukanlah hal yang buruk. Namun tidak bagus untuk bisnis jangka panjang sobat. Untuk jangka pendek okelah.

Kalau cuman ngandelin marketplace sangat beresiko untuk kelangsungan bisnis jangka panjang sobat. Karena biar bagaimana jualan di marketplace ibarat sobat numpang jualan di rumah orang, kemungkinan sobat didepak sangat besar.

Selain itu sobat juga gak leluasa bernegosiasi dengan calon konsumen.

Solusi:

Buat website! Ini sangat penting karena selain bisnis sobat terlihat lebih profesional juga sangat berguna buat kepentingan bisnis jangka panjang sobat.

Akhir kata itulah 3 kesalahan paling umum dalam bisnis online versi lamasia.xyz. Semoga bisa membantu sobat pebisnis online pemula atau sobat yang berencana ingin mulai bisnis online.

Kesimpulan:

Berbisnislah selagi muda, jangan takut salah, belajarlah dari pengalaman orang yang udah lebih dulu berbisnis, dan jangan mudah putus asa. Dan saya hanyalah manusia biasa yang bisa saja salah. Mohon sobat koreksi ya...

Oke sob???

Salam muda!!!

No comments:

Post a Comment