Sunday, August 30, 2015

Sejarah singkat Google



Dalam sepuluh tahun terakhir ini internet semakin cepat perkembangannya. Sehingga menghasilkan raksasa-raksasa baru di dunia internet, salah satunya Google. Ya Google! Siapa yang tidak kenal Google. Raksasa internet yang semakin moncer saja. Kedigdayaan makhluk serba pintar ini dapat dilihat dari harga sahamnya yang terus naik di bursa saham. Kalau dulu kita hanya mengenal Google dengan produk mesin pencariannya, kini ia telah merambah ke berbagai bisnis, termasuk salah satu yang paling terkenal saat ini adalah ponsel pintar androidnya.

Begitu banyak yang mengenal Google, tapi tidak sedikit yang barangkali belum mengetahui sejarahnya, dari awal mula diciptakan sampai menjadi besar seperti sekarang. Orang rata-rata tahunya Google yang sudah besar seperti sekarang, padahal dulunya Google bukanlah apa-apa.

Adalah Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford, yang mendirikan Google pada 7 September 1998 di garasi rumah mereka. Sebelum akhirnya pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahun tersebut.

Ide mendirikan Google berawal dari pertemuan tidak sengaja antara Larry Page dan Sergey Brin. Mereka kerap berdiskusi panjang dan berbeda pandangan sehingga kerap menimbulkan perdebatan panjang. Namun itu semua tidak menghalangi keduanya untuk mencari jalan keluar dalam permasalahan internet waktu itu -bagaimana cara mendapatkan kembali data dari data set masif.

Pada Januari 1996 keduanya melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Kabar mengenai ditemukannya teknik baru mesin pencari  langsung tersebar luas dikalangan kampus. Keduanya langsung terkenal.

Sejak saat itu mereka mulai mencari investor untuk proyek mereka. Dan pada 7 Septembar 1998 Google dibuka secara resmi di Menlo Park,California.

Mulai saat itu Google secara pasti menjelma menjadi perusahaan yang terus berkembang dan menjadi raksasa seperti sekarang ini. Misi mereka adalah mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna dengan slogan "don't be evil".

Demikianlah sejarah singkat mengenai Google, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment