Sunday, August 30, 2015

7 Tempat wajib dikunjungi di Gunung Kidul


Bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Kabupaten Gunung Kidul di Daerah Istimewa Jogjakarta bisa jadi pilihan menarik untuk di kunjungi. Selain alamnya yang indah, orangnya yang ramah-ramah, budaya yang khas, Gunung Kidul juga memiliki tempat-tempat menarik yang layak untuk dikunjungi.

Dari pusat kota Jogja hanya sekitar 40 menit perjalan bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi. Kalau mau menggunakan kendaraan umum kita bisa naik bus dari Terminal Giwangan, Jogjakarta. Selain akses jalan yang cukup bagus kita juga akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah. Jalanan
yang berkelok-kelok dan terus menanjak menjadikan perjalanan anda semakin menyenangkan. Tapi jangan takut jalannya lebar-lebar kok.

Berikut tempat-tempat yang bisa anda kunjungi:

1. Pantai Indrayanti
Pasir putih dan airnya yang jernih menjadikan pantai ini sangat layang untuk dikunjungi. Pantai ini juga terkenal sebagai tempat romantis, sehingga banyak digemari oleh muda-mudi yang sedang dimabuk asmara. Pantai ini terletk di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk masuk Pantai Indrayanti pengunjung ditarik bea masuk 5 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?
 16201007172 05b69caef2


2. Pantai Baron
Pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta ini selain menawarkan panorama yang menawan juga sebagai salah satu surganya penikmat kuliner. Di sini pengunjung dapat menikmati sajian lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol hasil tangkapan nelayan setempat. Yang menjadikan pantai ini menarik adalah dengan keberadaan dua bukit di sisi kanan dan kirinya yang mengapit pantai ini. Banyak penginapan dan hotel yang murah di sekitar pantai, jadi anda tidak perlu bingung kalau berlibur dengan dana yang terbatas. 


3. Pantai Sundak

Pantai yang satu ini juga tidak kalah menarik dengan Pantai Baron dan Pabtai Indrayanti. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan air yang jernih. Pantai ini terletak di kecamatan Tepus tepatnya di desa Sidoharjo.
 pantai sundak
4. Goa Pindul
Selain memiliki pantai yang indah, Gunung Kidul juga memiliki banyak Goa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Pindul  yang terletak di  Dusun Gelaran I, desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang 300 m, lebar 5 m serta di bawahnya mengalir sungai bawah tanah.
 
5. Goa Kalisuci
 Goa Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.Uniknya untuk menyusuri Goa ini pengunjung harus menggunakan pelampung.
 
6. Goa jelantik
Berbeda dengan Goa Pindul dan Goa Kalisuci, Goa ini terdiri dari gugusan stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.Goa ini juga tergolong sempit, sehingga pengunjung harus menundukan kepalanya untuk dapat menyusuri goa ini.
 
7.  Bukit Bintang
Setelah anda puas menikmati pantai dan goa di Gunung Kidul, malamnya dalam perjalanan kembali ke Jogjakarta mampirlah sebentar di Bukit Bintang. Letaknya di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama asli tempat ini adalah Bukit Hargo namun penduduk setempat menamainya Bukit Bintang, karena dari bukit ini kita bisa melihat Kota Jogja di malam hari layaknya taburan bintang yang berserakan di bawah kita. Indah dan sangat romantis. Kita bisa duduk-duduk di sini menghadap ke kota Jogja yang ada di bawah kita, sambil menikmati jagung bakar bersama orang yang kita kasihi. Sangat romantis!
 

Bagaimana, tertarik untuk datang ke Gunung Kidul?

No comments:

Post a Comment